Bermain pasir yang menyenangkan

ada banyak manfaat yang dapat diperoleh anak ketika bermain pasir.

Pertama, bermain pasir dapat melatih sensori motor anak. Bermain pasir melibatkan seluruh indera di antaranya indra penglihatan (mata), indra pendengaran (telinga), indra peraba (kulit), indra pembauan (hidung), dan indra pengecap (lidah). Sebagai contoh, dengan bermain pasir, anak secara langsung sedang menggunakan indra peraba. Anak bisa membedakan tekstur pasir yang basah dan kering, halus dan kasar.

Kedua, bermain pasir juga dapat melatih ketrampilan motorik halus anak. Keterampilan motorik halus adalah keterampilan yang menggunakan gerakan jari tangan. Misal, menulis, merobek, meremas atau menggunting. Pada saat anak bermain pasir, ia akan menggunakan jari-jari tangannya untuk membentuk pasir menyerupai benda yang diinginkan menggunakan wadah.

Ketiga, bermain pasir dapat menstimulasi kreativitas anak. Saat anak bermain pasir, akan muncul ide atau gagasan di dalam pikiran si anak untuk membentuk pasir sesuai dengan bentuk benda yang diinginkan. Di sini akan muncul kreativitas dalam diri anak.

Keempat, bermain pasir dapat melatih daya imajinasi anak. Anak dapat membentuk pasir menyerupai bentuk tokoh idola, mainan atau bentuk-bentuk yang mereka imajinasikan. Dengan bermain pasir, imajinasi anak semakin berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *